Home » » Inilah Penyebab Baterai Ponsel Cepat Kembung

Inilah Penyebab Baterai Ponsel Cepat Kembung

garo-blog.com - Inilah Penyebab Baterai Ponsel Cepat Kembung - HP dengan baterai yang kembung? Ini merupakan masalah yang sering dihadapi oleh pengguna ponsel. Apa sih penyebabnya? Simak ulasannya.

Mungkin kamu pernah mengalami baterai HP kembung, khususnya bagi kamu pengguna ponsel yang sudah berumur. Tapi beberapa smartphone pun dengan berbagai OS (Operating System) pernah mengalaminya seperti Android, iPhone (iOS), Blackberry, Symbian (Nokia), Microsoft, dan lain-lain. Banyak faktor yang menyebabkan baterai HP mengalami kembung, yang bahkan dalam suatu kondisi bisa berakibat meledak.

Inilah Penyebab Baterai Ponsel Cepat Kembung
Baterai Kembung

Sering kali untuk ponsel atau HP yang sudah lama digunakan, baterai HP bisa menggelembung sendiri.  Akhirnya kita pun jadi kesusahan untuk menutup casing HP karena baterai yang rusak tadi. Jika sudah seperti ini, kamu harus mengganti baterai HP dengan yang baru, dianjurkan membeli baterai yang original agar lebih awet dan tahan lebih lama.

Sebenarnya apa yang  menyebabkan baterai bisa kembung seperti berisi air atau gas? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Usia baterai

Baterai yang baru tentu memiliki kinerja yang baik dan bertahan lama ketika digunakan. Tapi, baterai yang sudah berumur lama tentu mengalami penurunan kualitas serta performanya dan memang harus diganti demi keamanan.

Usia pada baterai itu sendiri juga berpengaruh pada rusaknya baterai (kembung). Namun ukuran usia baterai sendiri berbeda menurut jenis baterai itu sendiri.

Semakin lama usia baterai, semakin rentan kemungkinan baterai tersebut akan menggelembung. Pemakaian jangka panjang memang menyebabkan baterai menggelembung.

2. Kualitas baterai

Baterai asli atau original sudah pasti memiliki daya tahan dan umur relatif panjang. Berbeda dengan baterai palsu yang cepat panas dan bahkan cepat habis ketika digunakan untuk standby saja. Sebaiknya, beli baterai HP yang orisinil, meski sedikit lebih mahal yang terpenting kualitas dan kenyamanan terjamin.

3. Suhu ekstrim

suhu ekstrimMeletakkan HP di tempat yang bersuhu dingin atau yang bersuhu panas akan menyebabkan kondisi baterai yang berbeda. HP yang sering berada di suhu dingin mungkin bisa jadi mengurangi suhu panas dan membuat lebih hemat daya baterai ketika digunakan. Namun apabila HP tidak digunakan maka kualitas baterai juga akan menurun akibat suhu dingin. Tetapi, apabila berada di suhu yang terlalu panas sudah pasti umur baterai cepat berkurang sekaligus cepat kembung. Bahkan jika kamu diamkan saja HP mu dalam kondisi stanby, daya baterainya pun juga akan tetap terkuras.

4. Kedap udara

Berhati-hati menggunakan smartphone yang memiliki baterai non-removable alias baterai yang tidak bisa dilepas. Karena casing atau cover tak bisa dibuka sehingga udara sulit untuk masuk kedalam, yang membuat baterai cepat panas dan dalam kondisi tertentu bisa kembung. Apalagi smartphone anti air pasti kedap udara yang membuat baterai cepat panas. Selain itu, celah yang begitu sempit antara baterai dengan cover atau casing juga mempengaruhi.

Itulah artikel tentang Inilah Penyebab Baterai Ponsel Cepat Kembung semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan antisipasi agar baterai ponsel tetap awet.

Thanks for reading & sharing Gararoblog

Previous
« Prev Post

Cari Blog Ini

Popular Post

Pengikut

Total Tayangan Halaman