Home » , » Pengalaman Donor Darah dan Manfaatnya Bagi kesehatan - garo-Blog

Pengalaman Donor Darah dan Manfaatnya Bagi kesehatan - garo-Blog

garo-Blog.com -  Assalamu'alaikum selamat sore sobat semuanya semoga sobat semuanya dalam keadaan sehat dan bisa bersemangat lagi dalam menjalani semuanya dan bisa memberikan suatu manfaat dalam aktifitasnya.

Pengalaman donor darah dan manfaatnya bagi kesehatan nah sobat dalam sore menjelang malam ini saya akan memberikan pengalaman saya dalam donor darah, karena saya baru pertama kali mendonorkan darah waktu ada event dikampus dan disitu panitia penyelenggara acara event membuka stand dari Departemen Kesehatan yaitu donor darah dengan membwa sebuah mobil untuk tempat donor darahnya.

Waktu itu ada sebuah event kampus yang dilaksanakan oleh panitia dari Fakultas lain dengan tema tentang sebuah kesehatan, kebetulan saya beda fakultas jadi perkuliahan diadakan seperti biasanya,  dan setelah habis waktu perkuliahan pada waktu itu saya disuruh untuk mendonorkan darahnya yang diajak sama teman saya untuk mendonorkan darahnya.


Gambar by garo-blog.com

Donor darah Menyehatkan

Karena teman saya sudah melakukan donor darah sebanyak enam kali tentunya dia merasa tidak was-was lagi dan takut untuk mendonorkan darahnya karena dia merasa sudah biasa untuk mendonorkan darahnya, tapi dengan saya yang baru pertama kali tentunya merasa takut baru melihat jarum suntiknya juga udah lemas liatnya, hhehehheh.......

Dan waktu itu saya berniat untuk donor darah setelah diajak sama teman saya, tapi sebelum melakukan donor darah kita diarahkan sama petugas dari PMI nya untuk mengisi identitas yang tercantum di lembar pengisian yang telah disediakan dan kita juga di periksa terlebih dahulu untuk tensi darah nya apakah kita layak untuk diambul darahnya atau tidak.

Duhhh..setelah menunggu giliran untuk naik ke mobil untuk pengambilan donor darahnya serasa takut dan rasanya campur aduk, dan akhirnya nama saya dipanggil sama petugas PMI nya dan masuklah saya ke mobil dan disuruh berbaring di tempat yang sudah disediakan dan petugas PMI sudah membuka jarum untuk pengambilan darah dari lengan saya dan melihat jarumnya juga gak tahan dan beda dari jarum suntuik lainya, dan akhirnya jarum menancap di lengan saya, hhehehe...

Gambar by google.com


Tapi sembari menunggu kantung darah belum penuh sambul bercerita sama petugasnya dan dia memberitahu tentang donor darah, ternyata memang bagus sekali kita untuk mendonorkan darah karena akan menyehatkan tubuh kita sobat ternyata.  Dan tentunya kita sebagai pendonor juga harus memastikan jika dirinya sedang dalam kondisi kesehatan yang baik, kenapa demikian? karena hal ini untuk menghindari suatu permasalahan kesehatan pasca transfusi serta bagi mereka yang menggunakannya.


Gambar by google.com


Menurut pakar kesehatan dalam donor darah rutin tiap 3 bulan sekali, pada waktu donor yang paling cepat 75 hari/2,5 bulan. Maka dalam waktu 1 tahun maksimal diperbolehkan donor hanya 5 kali. Waktu donor yang tidak tepat justru akan mengurangi manfaat donor. Karena dalam jarak waktu 3 bulan semua komponen darah yang sebelumnya telah dikeluarkan akan kembali ke dalam keadaan awal sebelum donor. Tetapi jika donor darah sobat dilakukan terlalu sering atau melebihi waktu yang ditentukan justru akan berdampak buruk bagi donor itu sendiri. Bisa menyebabkan kehilangan darah yang berlebihan dan akan menyebabkan terjadinya kekurangan darah/anemia.


Thanks for reading & sharing Gararoblog

Previous
« Prev Post

26 komentar:

  1. donor darah, belum pernah mas. takut sama jarum suntik heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduuhh...ayoo mas donorkan darahnya...baguss lho buat kesehatann mas fajarr....

      Hapus
  2. paling ngeri kalo diajak donor darah gahahaha.. cek darah aja kaget saya mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagusss mbaa intann padahal...memang kalo liat kaya gimana gtu...tapi pas donornya mah biasa saja...malah yang dapet kita sehat dan pikirannn sehatt...hhhahah

      makasih sudah mampir mba intann...salam blogger

      Hapus
  3. Jujur mas kalau saya kaga pernah sama sekali donor darah..hahah..takut saya kalo liat jarumnya..hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hheheh...knp mesti takutt mas sam jarumm....hhehehe
      cuma liatnya saja serem..tapi pas donornya mahh...gpp ko mass...sehatt nantinyaa....lakukanlah sekali sajaa...pasti pengen nambahh lagi,,,hihihihi..

      makasih mas syahran atas kunjunganya....salam blogger yah mas

      Hapus
  4. Dari kapan tau pengen banget cobain donor tapi belum sempet-sempet.. Ternyata manfaatnya banyak yaaa.. Makasi sharingnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahhh mbaa dian...pastinyaa....saya juga pertama takut..itu juga diajak sama temen kampus pas ada acara event dikampus yang di sponsori sama PMI jadii saya ikut untuk pertama kalinya, memang pertama deg-degan..tapi pas donornya mah gpp ko mbaa...malahan setelah itu badan ngerasa sehat....hheh

      makasih mba dian atas kunjunganya yah mbaa

      Hapus
  5. Kalau saya biasanya satu bulan sekali mas ikutan donor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wadduhhhh...sebulan sekali? ....hebatt mbaaa..hehehe

      makasih mba aina kunjunganya yahh
      semoga sehat selalu abis donornya

      Hapus
  6. Aku pingin banget bisa donor darah. Tapi bb dan fisikku nggak qualified

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan kita dilihat dulu sama petugasnya mba..yang penting kita gk punya HIV AIDS mbaaa....cobaa yah mbaa..pasti sehat insya Allah mba..hehehe

      makasih mba wahyu selalu hadir kunjunganya....

      Hapus
  7. Pengalaman donor darah pertama kali saat masih sma. Ekskul PMR ngundang PMI buat ke sekolah untuk ngadain acara donor, kemudian pernah juga remaja kampung gelar acara serupa, dan terakhir donor udah cukup lama sih. Langsung ke PMI. Donor buat saudara yang mau oprasi.

    Salam kenal ya, izin follow blognya. Folbek juga kalau berkenan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahhh mbaa...tentunya pasti sehat kalo kita mendonorkan darahnya, kalo nanti ada lagi ikutan ajaa lagi mba eva

      iyah mba eva salam kenal juga
      siap silahkan mba...nanti di follback mba..mampir

      Hapus
  8. sepertinya ada yang baru ya di sini? aku belum pernah donor darah, selalu di tolak hahahah kalau papa sudah sering banget bahkan sampai di kasih pin 50 x donor darah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahhh mbaa baruu nihh...ituu foto tangan asli saya pas waktu di donor mba...
      pertama juga saya deg-degan gtu pas liat jarumnya, tapi pas sudah nancap di lengan mah biasa saja..hehhehe
      waduuuhh....banyakk juga yahh 50x...hhehehhehe
      ayoo mba cittra juga kalo ada donor darah, ikutannn yahh mbaa..lumayan buat kesehatan jugaa mbaa...

      makasih sudah mampir mba citra...selalu mampirr pokoknyaa...hehehehh

      Hapus
  9. abis diambil darahnya pingsan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhahahhhaa....gak dong kanjeng raden....pertama kali memang deg-degan mas raden...tapi setelah itu saya juga pengen lagi mas...yuk ikutann lagi kalo ada event dikampus mass...hehhe

      makasih sudah visit to www.garo-blog.com
      semoga selalu hadir kesini yah mas reden yang ganteng...wkwkwkwkwkw

      Hapus
  10. Kalo gue donor darah sering ditolak karena berat badan jauh dari yang disyaratkan :( sedih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadduhhh...hehhehe...iyahh mbaa...harus sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sama standar PMI nya mbaa...pasti suatu saat nanti bisaa ko donor darahnyaa nona ginci

      makasih sudah mampirr nona ginci...hehhe

      Hapus
  11. Nanti ketagihan lho mas hehehe, saya dulu pertama kali donor jaman SMA gara2 ikut PMR....alhamdulillah sampai skrg masih rutin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas wisnu saya juga kepengen lagi nih...memang manfaatnya juga besar untuk kesehatan kita mas wisnu
      makasih sudah mampir yah mas

      Hapus
  12. kalau mau donor darah gimana caranya bang yuli

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di foto itu memang itu saya pas ada event di kampus, kebetulan saya di ajak untuk pertama kalinya donor darah di stand yang ada event kampus, caranya mengisi data yang sudah disiapkan sama petugas PMI nya dan disini, dan juga paling ditanyain, apakah sudah sebelumnya pernah donor darah apa belum.

      Hapus
  13. Jarummya lumayan gede ya, Kak. Hehe. Saya belum pernah donor malah. Setiap kali ingin donor, ada saja yang kurang. Entah beratnya kurang, entah kondisi badan tidak fit, dan lain-lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyAH Mba memang harus dalam kondisi sehat kitanya, coba lah nanti kalau ada donor darah ikutan, jangan diliatin jarumnya..hhhheee

      Hapus

Cari Blog Ini

Popular Post

Pengikut

Total Tayangan Halaman