Home » » Trik ampuh mengatasi Bad Sector Pada Hardisk - Berbagi Teknologi

Trik ampuh mengatasi Bad Sector Pada Hardisk - Berbagi Teknologi

Assalamu'alaikum, 
Selamat malam.....
Saya akan berbagi dengan posting tentang trik mengatasi Bad sector pada hardisk. Tentunya kita sebagai pengguna komputer PC/laptop pasti banyak masalah dalam komputer terutama lambatnya kinerja komputer itu sendiri, salah satunya itu bisa terjadi terdeteksi dari hardisk.
Bad sector hardisk merupakan kondisi dimana bagian dari hard disk ada yang tidak bisa digunakan oleh sistem. Hal tersebut karena kerusakan atau bisa jadi kegagalan pada OS dalam pengaksesannya. Kerusakan pada Hard Disk ini bisa dibilang sangat merugikan, karena bisa membuat komputer sangat lambat.



Disini dalam masalah pada harddisk komputer banyak faktor penyebab kerusakan pada hardisk, salah satunya terjadi benturan atau hantamam terhadap hardisk. Nah, Jika terjadi hal seperti itu, maka kemungkinan dapat membuat hardisk menjadi bad sector. Ada juga terdapat data-data yang terdapat dalam hardisk menjadi terancam rusak.
Dalam Bad sector Hardisk juga disebut bad block yang merupakan suatu  istilah teknis dalam bidang komputer yang digunakan untuk memberikan pengertian bahwa ada sebuah area pada hard disk yang rusak/corrup. Bad sector sendiri juga ada dua macam yaitu bad sector berupa kerusakan fisik dan bad sector karena kerusakan software.
Dalam memperbaiki hardisk bad sector terbagi dua bagian, yakni memperbaiki secara fisik dan software. Dalam kasus hardisk yang mengalami bad sector secara fisik memiliki kerusakan secara permanen. Sedangkan dalam masalah secara software kemungkinan masih bisa diperbaiki.
Dalam sebuah metode ini cara  memperbaiki hardisk bad sector secara software dapat kita dilakukan dengan fitur Error Checking yang terdapat dalam tools partisi hardisk dan juga bisa kita dilakukan dengan fitur CMD.
Oleh karena itu, dalam  memperbaiki hardisk bad sector melalui CMD kita bisa lakukan mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :
Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Melalui CMD
1. kita buka CMD, setelah itu ketikan chkdsk /r /f e:





Keterangan : chksdk, merupakan perintah untuk melakukan pengecekan hardsik. /r, berfungsi untuk memindahkan bad sector. /f, berfungsi untuk memperbaiki kesalahan (error). e, berfungsi untuk menunjukan partisi hardisk yang mana akan di perbaiki.

2. Kemudian setelah itu kita akan muncul hasil laporannya :


Untuk melihat hasil laporan, kita akan memakan waktu sekitar 5 menit untuk melihat hasilnya. Tergantung sebesar apa ukuran partisi hardisk kalian yang di cek.

Terimakasih....semoga bermanfaat!







Thanks for reading & sharing Gararoblog

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Popular Post

Pengikut

Total Tayangan Halaman